Jumat, 11 Juli 2008

Sistem Konstruksi Jembatan

Sebelum membahas apa yang dimaksud dengan Sistem Konstruksi Jembatan, akan dijelaskan terlebih dahulu definisi jembatan. Jembatan adalah suatu Konstruksi yang dibangun untuk melewatkan suatu massa atau traffic lewat atas suatu penghalang. Selanjutnya macam-macam penghalang, atau jenis penghalang, dapat terdiri dari: Sungai, Jalan Raya, Laut, Waduk, Jalan Kereta api, dan lain sebagainya. Apabila konstruksi tersebut kita bangun lewat bawah suatu penghalang, maka jenis konstruksi tersebut umumnya dapat kita sebut sebagai Terowongan, Under-pass atau Tunnel.
Dalam bahasan berikut ini kita akan membahas secara lebih mendetail mengenai Sistem Konstruksi Jembatan, pertama-tama harus kita bahas terlebih dahulu soal sebutan atau penamaan Jembatan, misalnya apakah yang dimaksud dengan Sistem Konstruksi Jembatan Rangka Baja. Pemberian nama jembatan biasanya mengikuti kesepakatan dari penggunaan jenis Konstruksi Utama yang digunakan dan jenis material jembatannya. Dalam hal ini, jenis Konstruksi Utamanya adalah terdiri dari konstruksi rangka dengan jenis material baja.
Selanjutnya yang dimaksud dengan Konstruksi Jembatan Gantung Baja, adalah suatu Konstruksi Jembatan yang mengandalkan Konstruksi Utamanya terdiri dari Kabel Penggantung yang umumnya terdiri dari jenis material baja. Sedangkan yang dimaksud dengan Jembatan Cable-Stayed ialah suatu konstruksi jembatan yang menggunakan kabel yang diregangkan lurus, atau dicancangkan dalam memikul beban utama konstruksi.
Sistem Bangunan Atas Jembatan yang telah diteliti dan dikembangkan selama bertahun-tahun, termasuk pengembangan tipe-tipe Konstruksi Bangunan Atas, jenis material, nilai ekonomis, panjang jembatan yang mungkin dicapai, telah menghasilkan suatu kesimpulan berupa suatu konsep yang dikenal dengan sebutan “Bentang Ekonomis Jembatan”. Selanjutnya, yang dimaksud dengan Bentang Ekonomis suatu jembatan ialah bentang yang paling ekonomis untuk suatu tipe konstruksi jembatan sesuai dengan jenis material tertentu.

Tidak ada komentar: